Aplikasi Engineering Android yang Memudahkan Untuk Para Insinyur atau Mahasiswa :)


Salam hangat dari admin sob 🙂

Berawal dari kesibukan admin yang kuliah di jurusan pertukangan, cie..
Nah kebetulan dosen ada yang ngasi tau aplikasi di android buat ngitung salah satu matkulnya doi.  Admin pun tercengang melihat banyak juga aplikasi engineering yang ada di android. Bahkan mengetik keyword ‘engineering’ pada searchbox playstore membuat bibir manyun2. Bejibun aplikasi berbeda. Ini baru bener-bener surganya mahasiswa hahaha…

image

image

So, admin mau bagi-bagi tips dan trik memudahkan memecahkan

kasus pada proses perkuliahan untuk mata kuliah teknik, khususnya teknik mesin atau para insinyur yang sedang bekerja dengan menggunakan beberapa aplikasi yang ada di android. Wow

Nah berikut admin jabarkan dulu beberapa aplikasi yang sangat berguna (next artikel akan admin beri tau cara pakainya)

1. Moody Chart (free)

image

Aplikasi ini adalah aplikasi yang berhubungan dengan mekanika fluida.  Tepatnya pada bagian perpipaan. Contohnya kamu ingin merancang pipa yang dialiri fluida tertentu, lalu kamu mendapat bahan pipa tertentu juga yang masing-masing bahan mempunyai tingkat faktor gesek yang berbeda-beda pula,  maka kamu dapat menghitung losses yang timbul. Aplikasi ini berdasarkan pada diagram moody, yakni diagram hubungan antara bilangan Reynolds (Re) dengan Relative roughness (e/D) .  Nah apabila kedua variabel tersebut sudah didapat, maka kamu akan mendapat faktor kekasaran/gesek (f).

2. Pressure Drop Calculator (free)

image

Aplikasi ini masih ada hubungannya dengan perpipaan sob. Jadi aplikasi ini sesuai namanya adalah untuk menghitung penurunan tekanan pada suatu pipa yang dialiri fluida. Ya gampangnya jika kamu punya pipa, lalu dialiri fluida dari moncong pipa, trus keluar, nah tekanannya antara awal dengan akhir jelas berbeda sob. Hal tersebut sangat dipengaruhi sama faktor kekasaran (f), diameter, panjang pipa dll.  Dalam aplikasi ini kamu harus meng input beberapa data seperti : diameter pipa, panjang pipa, roughness, jenis fluida yang melewati pipa, rho/densitas jenis fluida dan kecepatan aliran. 

3. Involute Gear Tool (Rp14000)

image

Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk merancang gear/roda gigi.  Pada opsi ke 1 kamu dapat merancang roda gigi berdasarkan nilai modul dan jumlah gigi pada gear sehingga nanti akan muncul macam variabel yang tertera seperti diameter gear, diameter pitch, kedalaman dan jarak antar gigi.  Lalu opsi kedua kamu dapat merancang sebuah roda gigi apabila kamu menginginkan jumlah roda gigi tertentu dan diameter luar nya.  Nah opsi terakhir adalah opsi untuk mengetahui parameter yang cocok apabila kamu ingin menyatukan satu gear ke gear berikutnya (dua gear).

Dan…
Untuk kali ini 3 dulu ya sob.

Jangan khawatir, masih banyak software-software yang sangat berguna untuk mahasiswa teknik atau para engineer yang ada di android. Next artikel saya akan menjabarkan aplikasi yang lainnya lagi dan lalu  saya akan menjelaskan suatu contoh penggunaan aplikasi untuk memecahkan permasalahan yang ada.

Jadi makin mudah kan sob?

Sampai jumpa di artikel berikutnya sob!!  🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s